TETAP BERSEMANGAT

Senin, 11 Februari 2008

CONGREGATIO IMITATIONIS JESU ( CIJ )

CIJ dalan sejarah

Pada waktu Kepulauan Sunda Kecil terbelenggu oleh sistim penjajahan, sistim politik dengan feodalismenya yang sangat kuat dan rapuhnya sistim ekonomi karena berada diantara dua perang Dunia yang mengancam, membuat masyarakat ini melarat baik fisik maupun mental. Wanita merupakan kelompok yang terjajah bahkan dianggap sebagai barang. Jeritan rakyat kecil ini, telah menarik belas kasih dan keprihatinan Allah dan Allah berkenan mengunjungi umatNya, melalui para misionaris yang menaburkan benih di Kepulauan Sunda Kecil. Iman rakyat kecil ini menumbuhkan panggilan dalam diri gadis-gadis pribumi Flores dan Timor, untuk menjadi biarawati. Dalam perjalanan pastoralnya, Mgr. Henricus Leven SVD, merekam jeritan rakyat kecil ini, karena itu ia mendirikan Kongregasi suster-suster pribumi supaya mereka dapat hidup di tengah-tengah masyarakat pedesaan untuk menolong membebaskan sesamanya. Maka pada tanggal 25 Maret 1935 di Jopu – Ende – Flores - NTT, beliau mendirikan kongregasi dengan nama Congregatio Imitationis Jesu ( CIJ ). Kongregasi ini adalah kongregasi pribumi dimana setiap anggota harus bekerja untuk membiayai seluruh kehidupannya, dan dapat membantu sesama yang kecil dan menderita.

VISI CIJ

Mengikuti teladan Tuhan Yesus dan BundaNya yang amat suci, dengan hidup miskin, tetap perawan suci dan taat pada konstitusi, menjadi sempurna dan berkenan kepada Allah.

MISI

Bersama Yesus: menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun Rahmat Tuhan telah datang dan menjadikan segala-galanya baik.

DEVOSI

CIJ mempunyai devosi khusus kepada Hati Yesus yang Maha Kudus, maka setiap Hari Raya Hati Yesus yang Maha Kudus, menjadi hari yang bersejarah dimana para suster Novis tahun II mengucapkan kaul I ( Pertama ), Suster Yunior membaharui kaul, ada yang mengucapkan Kaul Kekal, Pesta Perak, Panca Windu, Pesta Emas dan Intan.

CIJ TEGALJAYA

Komunitas CIJ Maria Ratu Para Rasul, hadir di Tegaljaya pada tanggal 30 Maret 1998 bekerja pada Yayasan Kolese SantoYusup cabang Denpasar di bidang pendidikan.
Para suster CIJ yang pernah bekarya di Tegaljaya:

  1. Sr. Gregoriana CIJ : 30 maret 1998 – Juli 2002
  2. Sr. Corry CIJ : 07 April1998 – sekarang
  3. Sr. Yasintha CIJ : Mei 1998 – Juni 2000
  4. Sr. Innez CIJ : Februari 2002 – Juli 2005
  5. Sr. Aurelly CIJ : Agustus 2002 – Juni 2003
  6. Sr. Yosephani CIJ : Juli 2005 – Juli 2006
  7. Sr. Gregorista CIJ : 16 Juli 2006 - sekarang
  8. Sr. Serafim CIJ : 17 Juli 2006 - sekarang

Tidak ada komentar: